Sabtu, 07 Maret 2015

Resep Bika Ambon Medan

 Bika Ambon Medan

Meski menyandang nama Ambon, cake yang satu ini tidak berasal dari salah satu provinsi bagian timur Indonesia, tetapi justru dari ibukota Sumatra Utara yaitu Medan. Konon pada mulanya salah satu toko yang pertama kali menjajakan cake ini terletak di Jalan Ambon kota Medan. Dari situlah nama kue berwarna kuning ini berasal. Hingga saat ini, bika ambon sudah menjadi oleh-oleh khas dari kota Medan. Untuk tau cara bagaimana cara membuat ini, mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan :
  • Tepung sagu 300 gr
  • Tepung terigu 100 gr
  • Air kelapa 200 ml
  • Ragi instant 11 gr
  • Santan 600 ml
  • Telur 15-18 butir
  • Vanili & Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 450 gr


Cara membuat :
  1. Ambil satu wadah yang ukurannya sedang. Campurkan 100 gr tepung terigu dan ragi instant. Aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur dengan sempurna.
  2. Masukkan sedikit demi sedikit 200 ml air kelapa ke dalam tempat di langkah 1 sambil tetap diaduk pelan - pelan. Pastikan ketiga bahan tersebut tercampur dan tidak ada gumpalan tepung. Diamkan sebentar atau sekitar 14-16 menit sambil mempersiapkan bahan yang lain.
  3. Ambil wadah lagi yang ukurannnya lebih besar. Masukkan 400 gr gula pasir, 1 sendok garam dan vanili. Campur rata semua bahan tersebut menggunakan spatula. Masukkan satu per satu sambil diaduk 15 butir telur ayam kedalam wadah kedua. Aduk sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  4. Kemudian ambil adonan bahan di wadah pertama yang sudah didiamkan kurang lebih 15 menit. Campurkan ke adonan wadah kedua. Aduk sampai rata dan tambahkan 300 gr tepung sagu sedikit demi sedikit sambil tetap di aduk.
  5. Ambil 600 ml santan kentalnya, masukkan sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil tetap diaduk. Harap perhatikan proses pengadukan dan pencampurannya supaya semua bahan diatas bisa menyatu dengan sempurna.
  6. Untuk memastikan semua bahan tercampur, saring adonan tadi menggunakan saringan dapur.
  7. Diamkan selama kurang lebih 2 jam supaya hasil jadi Kue Bika Ambon nya nanti mengembang dan keluar bentuk sarang tawon nya.
  8. Panaskan oven terlebih dahulu.
  9. Ambil loyang atau ncetakan lain dan olesi minyak sedikit untuk menghindari kuenya lengket ke loyangnya
  10. Maukkan semua adonan terakhir yang sudah disaring diatas ke dalam cetakannya. Untuk hasil sempurna, yang harus diperhatikan adalah adonan tadi tidak perlu diaduk kembali. Cukup tuangkan kedalam loyang.
  11. Setalah dirasa oven sudah cukup panas, masukkan loyang kedalamnya. Gunakan api sedang dan pintu oven biarkan terbuka sedikit. Hanya untuk menyalurkan hawa panas yang ada di dalamnya. Kalau pinta terbuka terlalu lebar, dikhawatirkan proses pemasakan Bika Ambon Medan nya lebih lama dan hasilnya tidak sempurna.
  12. Panggang sekitar 7-13 menit sampai warna kulit luarnya kuning kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar