Jumat, 13 Maret 2015

Resep Membuat Cara Bikang

CARA BIKANG

Salah satu kue basah tradisional nusantara yang masih populer hingga sekarang adalah cara bikang. Kue berbentuk mangkok yang merekah mawar ini disajikan dengan berbagai rasa dan warna, mulai dari pandan,coklat,moka dan lain-lain sesuai selera. Anda bisa mendapatkan cara bikang berbagai rasa ini di pasar-pasar tradisional,atau toko kue atau outlet-outlet yang ada di pusat perbelanjaan dikota tempat anda tinggal.



Jika anda ingin mencoba untuk membuat sendiri, cukup mudah kok dengan resep carabikang mawar ini. Bahan dasar yang dibutuhkan adalah tepung beras. Gunakan tepung beras yang masih baru agar kue dapat mengembang sempurna dan tidak berbau apak. Cetakan carabikang banyak tersedia di toko bahan-bahan kue dikota anda. Tengok resep mudah untuk membuat carabikang mawar dibawah ini.



Bahan-bahan :
  • Tepung beras 450 gr
  • Gula pasir 300 gr
  • Air 250 ml
  • Santan 600 ml, panaskan
  • 1 sdt garam
  • Pewarna sesuai selera
Cara membuat :
  1. Masak gula pasir dengan air hingga gula larut didalamnya, dinginkan.
  2. Letakkan tepung beras dalam wadah, lalu tuangkan air gula diatasnya sedikit demi sedikit. Aduk-aduk hingga rata menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
  3. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Tepuj-tepuk selama kira-kira 30 menit.
  4. Ambil sedikit dari adonan, bagi dua. Satu bagian tidak diberi warna, dan setengahnya lagi dapat dibagi sesuai warna inginkan. Beri satu warna untuk satu bagian adonan.
  5. Panaskan cetakan, terlebih dahulu olesi tipis dengan minyak kelapa. Tuangkan adonan yang tidak diberi warna hingga 3/4 penuh
  6. Tuangkan adonan yang telah diberi warna sesuai selera, masing-masing 1 sendok teh. Biarkan sampai matang, tidak perlu ditutup.
  7. Angkat dengan cara mencungkil bagian bawah dengan hati-hati. Tekan sedikit bagian bawah carabikang ke arah luar hingga mekar seperti mawar.
Jika diamati resep carabikang mawar diatas cukup sederhana namun gampang-gampang susah, butuh kesabaran untuk menghasilkan carabikang yang merekah sempurna. Rahasianya  adalah pada pembuatan adonan, dan juga ketelatenan dan terus berlatih. Selamat mencoba dirumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar