Selasa, 14 April 2015

Resep Mebuat Kue Dugo Asal Aceh

KUE DUGO

Untuk Anda yang tinggal di Provinsi NAD sana tentu sudah begitu kenal sekali dengan kue khas ini. Atau mungkin pernah berwisata ke daerah tersebut. Barangkali siapa pun juga dah mengenal kue ini. Rasanya sungguh nikmat dan enak sekali. Pas deh bila nanti kita menyajikannya di rumah. Untuk lebih mudahnya, baiknya kita mencoba untuk bikin sendiri aja. ya, sambil belajar memasak kue tradisioanl lah. Bahan utamanya yakni beras ketan. Memang banyak sekali jenis makanan yang bahan pokoknya dari ketan itu. Untuk memperoleh ketan juga mudah saja, dimana-mana bisa ditemui. Oke, sebelu mencobanya kita cek dulu ulasan bahan dan cara berikut :


Bahan-bahan :
  • 5 bh pisang raja tua dan matang
  • 400 gr beras ketan, rendamlah kurang lebih dua jam, setelah itu tiriskan
  • 200 ml santan dari 1/4 butir kelapa parut
  • 1/4 butir kelapa parut setengah tua, parutlah memanjang
  • 500 gr gula pasir
  • daun pandan, secukupnya di potong-potong
  • 1/2 sdt garam
  • daun pisang seperlunya, bersihkan dan buat menjadi lembaran-lembaran 

Cara membuat :
  1. Kukuslah beras ketan sampai setengah matang selama kurang lebih sekitar 20 menit.
  2. Angkatlah lalu taruh di dalam panci. Tuanglah santan dan aduklah hingga rata, masaklah memakai api sedang sampai santannya habis ( diaron ). Lantas angkatlah.
  3. Kupaslah bersih pisang raja haluskan separuh bagiannya, kemudian campur dengan ketan aron.
  4. Kini tambahkanlah kelapa parut, gula pasir, separuh bagian dari pisang raja yang dipotong kecil-kecil serta garam, aduklah sampai rata benar.
  5. Lalu persiapkanlah daun pisang, alasilah memakai daun pandan terus diisi dengan adonan bahan ketan pisang kurang lebih 2 sdm atau sesuai kesukaan anda.
  6. Kemudian bungkuslah sebagaimana membungkus nasi atau bothok ( pepes )
  7. Sekarang tinggal bungkuslah bungkusan adonan ketan hingga matang seluruhnya. Biasanya akan memerlukan waktu lebih kurang 20 menit.
Demikianlah uraian bahan dan juga cara membuat kue yang lezat ini. Oke, marilah disiapkan aja semua bahan yang di perlukan. Langsung yuk kita praktekkan aja ya Resep Kue Dugo Asal Aceh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar