Selasa, 14 April 2015

Resep Membuat Geplak Khas Bantul

KUE GEPLAK

Geplak merupakan panganan khas dari Bantul, dimana geplak ini dibuat dari adonan gula aren, gula pasir, serta kelapa parut dan menghasilkan rasa yang manis dan lezat. Geplak ini sendiri ada yang bilang sebagai panganan khas Betawi dengan sedikit tambahan bahan lain seperti tepung beras serta daun jeruk. Dimana dalam artikel kali ini akan dibahas tentang apa resep serta bagaimana cara mengolah geplak ini. Mau tahu cara membuatnya, mari ikuti langkah-langkah berikut ini :


Bahan-bahan :
  • 1 kg tepung beras (kwalitas baik)
  • 350 gr kelapa parut
  • 750 gr gula pasir
  • 450 ml air matang atau air galon
  • Garam secukupnya
Cara membuat :
  1. Siapkan wajan kemudian sangrai tepung beras sampai tepung benar-benar mengering.
  2. Selanjutnya masukkan pula kelapa parut kedalam tepung beras yang di sangrai tadi sambil di aduk rata kemudian angkat dan sisihkan.
  3. Setelah itu, siapkan panci kemudian rebus air bersama gula pasir sampai mendidih lalu diamkan sejenak dengan menggunakan api kecil.
  4. Tuangkan adonan tepung beras dan kelapa parut kedalam larutan gula lalu sambil diaduk cepat sampai adonan mengental dan angkat.
  5. Terakhir, siapkan cetakan kemudian bentuk adonan sesuai dengan bentuk aslinya atau bisa dibentuk sesuai selera. Kemudian dinginkan agar adonan mengeras.
Sajikan geplak yang telah jadi diatas piring saji. Selamat mencoba resep dan cara membuat geplak manis dan gurih khas Bantul ini, semoga dapat memberikan manfaat serta memperbanyak resep untuk membuat sajian sedap didapur. Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar