Rabu, 08 April 2015

Resep Membuat Kue Jongkong Khas Bangka Belitung

KUE JONGKONG KHAS BANGKA BELITUNG

Ciri khas dari kue jongkong yang asli memiliki tiga lapisan warna yang sangat khas yaitu bagian paling bawah berwarna hitam, dibagian tengah hijau pandan dan bagian paling atas berwarna putih. Ke khas-an yang dimiliki membuat sebagian orang susah melupakan kue tradisional yang satu ini. Satu lagi yang menjadi ciri khas kue jongkong yang asli adalah menggunakan bahan pewarna buatan, dan tentu saja tidak menggunakan bahan pengawet. Warna hitam pada lapisan bagian bawah menggunakan gula merah yang dihaluskan, warna hijau berasal dari pandan sekaligus pengharum aroma, sedangkan bagian warna putih adalah perpaduan antara tepung dan santan.

Dari segi pembuatan kue jongkong termasuk kategori kue yang sangat mudah dibuat, begitu pun dengan bahan-bahan pembuatannya sangat banyak tersedia di warung-warung terdekat. Kue ini sekaligus sebagai ajang untuk anda yang ingin belajar memasak, sekaligus belajar untuk tetap melestarikan kue tradisional Nusantara yang keberadaanya saat ini sangat memprihatinkan. Serbuan makanan instan dan makanan kecil saat ini sudah mampu mendesak hilangnya berbagai macam kekayaan kuliner asli Indonesia. Harapan kami dengan adanya resep-resep kue tradisional ini mampu menggugah generasi muda untuk ikut melestarikan kekayaan kuliner Nusantara.

Untuk cara membuatnya ikuti cara berikut ini :


Bahan-bahan :
  • 500 gr tepung beras
  • 500 gr tepung tapioka
  • 2 sdm air kapur sirih
  • 3 sdm gula merah (disisir)
  • Garam halus secukupnya
  • Air perasan daun suji
  • 1/2 kelapa muda
  • Garam secukupnya
Cara membuat :
  1. Campur tepung beras bersama dengan tepung tapioka dan air kapur sirih. Lalu masukkan gula merah serta garam, kemudian tuangkan santan yang telah diberi daun pandan dan aduk-aduk hingga adonan kalis dan mengental.
  2. Selanjutnya tuangkan air daun suji (untuk memberi warna hijau) dan aduk-aduk hingga rata. Tuangkan 1 sendok sayur adonan keatas daun pisang, lalu bungkus. Kukus lah adonan tersebut hingga matang dan angkat lalu dinginkan. Iris tipis lalu sajikan dengan taburan kelapa parut. 
Nah kue jomgkong sudah selesai dibuat, semoga resep kali ini sesuai dengan selera dan harapan anda semua. Bahan-bahan diatas bisa dibuat untuk 20 buah kue. Selamat mencoba dan berkreasi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar