Selasa, 14 April 2015

Resep Membuat Kue Tambang Goreng Renyah

KUE TAMBANG

Kue tambang adalah kue kering yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan gula pasir juga bahan pelengkap lainnya. Kue ini memiliki bentuk yang unik dan melilit seperti tambang, itulah sebabnya  kue ini dinamakan kue Tambang. Kue tambang juga bisa disebut dengan nama lain yaitu kue onter-onter atau untir-untir. Meskipun memiliki banyak nama, tetapi jenis kue yang dimaksud adalah sama. Kue ini memiliki rasa manis yang pas juga tekstur yang ringan. Kue tambang biasanya banyak disajikan pada acara-acara tertentu misalnya ibu-ibu arisan atau bisa juga disajikan ketika menjelang hari raya besar seperti Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Bagi anda yang penasaran dengan proses pembuatan kue ini, mari kita simak resepnya dibawah ini :


Bahan :
  • 300 gr tepung terigu berkualitas baik
  • 100 gr gula pasir halus
  • 60 gr margarine
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/4 sdt baking powder
  • 2 butir telur ayam
  • 1/4 sdt soda kue
  • minyak untuk menggoreng secukupnya
Cara membuat kue tambang :
  1. Campurkan tepung terigu, baking powder dan soda kue, aduk rata.
  2. Setelah tercampur rata, ayak dengan saringan dalam satu wadah.
  3. Masukkan margarine dan gula pasir halus kedalam campuran tepung, aduk rata.
  4. Masukkan telur dan garam lalu aduk lagi hingga merata sambil diuleni dengan tangan sampai kalis, diamkan selama 20 menit dalam wadah tertutup rapat.
  5. Ambil adonan kue setiap 1 sdt lalu gilis memanjang dan dilipat menjadi dua kemudian dililit seperti tambang dan jepit bagian ujungnya.
  6. Panaskan minyak lalu goreng kue yang sudah dibentuk tambang sampai berwarna kecoklatan, matang dan renyah, angkat tiriskan.
  7. Kue tambang siap untuk dinikmati.
Supaya kue tambang ini tetap renyah, masukkan kue tambang kedalam stoples setelah kue nya sudah dalam keadaan dingin. Kue ini juga akan bisa tahan lama kalau disimpan dalam stoples. Demikianlah cara membuat kue tambang renyah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar