Kamis, 12 Maret 2015

Resep Membuat Getuk Lindri

GETUK LINDRI



Getuk merupakan jenis makanan dengan bahan utama dari ketela pohon atau singkong. Getuk adalah makanan yang sering dijumpai di daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Pengolahan getuk berawal dari singkong yang dikupas selanjutnya dikukus atau direbus dan sesudah matang ditumbuk atau digiling kemudian ditambahkan gula plus pewarna makanan. Untuk penyajian seringnya dengan taburan parutan kelapa.

Getuk Lindri terkenal disebabkan cita rasanya yang empuk dan nikmat. Dengan aneka warna memikat dan manis. Dihidangkan menggunakan taburan kelapa parut yang sedap. Disamping cita rasanya yang luar biasa, getuk lindri pun populer gara-gara sebuah ciri khas. Makanan ini umum dijual dengan memakai gerobak ditemani suara tembang jawa maupun lagu dangdut menggunakan volume yang kencang. Sehingga hadirnya penjual getuk lindri dapat dikenali dari bunyi musik yang berasal dari gerobak dorongnya. Cara membuat getuk lindri ternyata tidak sulit. Kue ini pas bila dihidangkan ketika tamasya bareng keluarga. Parutan kelapa yang ditaburkan diatasnya menjadikan makanan ini kian gurih ketika dimakan.


Bahan-bahan :
  • 1/2 kg singkong yang sudah dikupas
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr kelapa parut yang sudah dikukus selama 5 menit
  • 1/2 sdt vanili
  • 5 tetes pewarna makanan hijau
  • 5 tetes pewarna makanan merah
Bahan untuk taburan :
  • Kelapa parut 200 gr
  • Garam 1/2 sdt
Cara membuat :

  1. Pertama singkong dikukus hingga matang dan empuk. Singkong rebus kemudian ditumbuk atau digiling
  2. Campurkan menjadi satu gula pasir, kelapa parut dan vanili sembari diaduk terus sampai gula tercampur rata
  3. Tambahkan campuran gula tadi pada singkong yang sudah ditumbuk tadi. Uleni sampai tercampur rata. Buat adonan jadi 3 bagian. Tiap-tiapnya ditambahkan pewarna makanan merah dan hijau sedang satu bagian tetap berwarna putih. Uleni lagi tiap-tiap bagian adonan
  4. Dengan menggunakan gilingan getuk lindri, giling tiap adonan tadi, Kemudian gulung dan iris-iris
  5. Untuk taburan,kukus dahulu sampai matang kelapa parut yang telah diberi garam kemudian sisihkan
  6. Hidangkan getuk lindri dengan diberi taburan kelapa parut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar